Minggu, 11 April 2010

Kapan Saatnya Men-DEFRAG Harddisk Komputer Anda?

| 0 komentar
Kapan Saatnya Men-DEFRAG Harddisk Komputer Anda?

Tentu kita pernah merasakan komputer kita agak lambat dalam menjalankan atau memulai suatu program atau aplikasi. Banyak sekali hal yang menyebabkan keadaan seperti itu dan banyak juga solusinya.

Salah satu penyebabnya adalah keharusan untuk me-manage (copy, delete) file atau folder dalam jumlah yang besar. Ini dapat diatasi dengan men-defrag harddisk.

Tetapi men-defrag harddisk bukan satu-satunya solusi karena seperti telah disebutkan di atas, banyak sekali penyebab dari melambatnya komputer kita. Dan yang menjadi masalah adalah apakah defrag merupakan solusi yang cocok untuk masalah di atas


Sekarang keraguan itu dapat diatasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada Computer Management pada Windows XP. Tetapi aplikasi ini hanya dapat diakses jika kita login sebagai Administrator. Bila kita sudah login sebagai administrator, ikuti langkah berikut:
1. Klik [Start]>[Control Panel]>[ Performance and Maintenance]>[Administrative Tools]>[Computer Management].

2. Setelah jendela Computer Management terbuka pada panel sebelah kiri, klik Computer Management (Local)StorageDisk Defragmenter
.
3. Perhatikan pada panel sebelah kanan, pilih partisi atau disk (jika mempunyai lebih dari satu harddisk) yang akan diketahui perlu di-defrag atau tidak dengan cara mengkliknya. Setelah itu klik tombol [Analyze] lalu tunggu beberapa saat.

4. Bila ternyata harddisk kita perlu di-defrag maka akan muncul window yang mengatakan hal tersebut. Demikian juga sebaliknya.
Dengan demikian sekarang kita mempunyai alasan yang cukup kuat untuk men-defrag harddisk kita. Karena bila kita langsung men-defrag-nya maka akan banyak waktu yang terbuang sia-sia bila ternyata harddisk kita tidak perlu di-defrag.

By Antasari R
sumber tabloid pcplus

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Daftar Blog

myLink

Active Search Results

Follow me on this blog